google-site-verification: google6968eaab40b0eb36.html ano.sb: IMUNISASI

selamat datang

selamat datang
terimakasih atas kunjungan anda hari ini semoga dapat bermanfaat

Sabtu, 01 Agustus 2009

IMUNISASI

BERIKAN IMUNISASI DASAR LENGKAP UNTUK MELINDUNGI SI BUAH HATI

PENTINGNYA IMUNISASI

Bayi yang kelihatannya sehat belum tentu kebal terhadap serangan penyakit berbahaya. Membawa bayi kita ke posyandu atau tempat pelayanan kesehatan lainnya untuk mendapat imunisasi lengkap sesuai jadwal adalah wujud kasih sayang dan tanggung jawab melindungi buah hati tercinta.

IMUNISASI DASAR LENGKAP

Pada masa awal kehidupannya, bayi sangat rentan terkena penyakit berbahaya, seperti penyakit saluran pernapasan akut dan kronis, polio, kerusakan hati, tetanus, campak, dan banyak lagi penyakit berbahaya lainnya.

Anak yang terkena penyakit-penyakit tersebut memiliki resiko kematian yang tinggi. Jika tidak sampai meninggal dunia, serangan virus dari penyakit tersebut akan menyebabkan derita fisik dan mental berkepanjangan dan bahkan bisa menimbulkan cacat.

Imunisasi dasar lengkap adalah pemberian 5 vaksin imunisasi sesuai jadwal untuk bayi dibawah usia 1 tahun.

PERLINDUNGAN TERHADAP PENYAKIT BERBAHAYA

Pemberian imunisasi dasar lengkap berguna untuk memberikan perlindungan menyeluruh terhadap penyakit-penyakit yang berbahaya. Dengan memberikan imunisasi dasar lengkap sesuai jadual, tubuh bayi dirangsang untuk memiliki kekebalan sehingga tubuhnya mampu bertahan melawan penyakit berbahaya.

JANGAN PANIK JIKA BAYI DEMAM

Tiap bayi memiliki daya tahan yang berbeda-beda. Untuk imunisasi jenis tertentu (DPT-HB) kadang diikuti dengan demam. Jika itu terjadi, kita tidak perlu panik karena demam akan turun dalam waktu tidak lama. Jika demam, pakaikan pakaian yang tipis, beri obat turun panas, kompres dengan air hangat. Jika demam memberat dan menetap, atau jika orang tua merasa kuatir, bawalah bayi kita ke Puskesmas, bidan atau dokter terdekat.

LIMA IMUNISASI DASAR LENGKAP UNTUK BAYI DIBAWAH 1 TAHUN

HEPATITIS B

Umur pemberian 0 bulan, pemberian imunisasi 1 kali, manfaat; mencegah penularan hepatitis B dan kerusakan hati.

BCG

Umur pemberian 1 bulan, pemberian imunisasi 1 kali, manfaat: mencegah penularan TBC (tuberculosis) yang berat.

POLIO

Umur pemberian 1 bulan, 2 bulan, 3 bulan, 4 bulan. Pemberian imunisasi 4 kali. Manfaat; mencegah penularan polio yang dapat menyebabkan lumpuh layu pada tungkai dan atau lengan.

DPT-HB

Umur pemberian; 2 bulan, 3 bulan, 4 bulan. Pemberian imunisasi 3 kali. Manfaat; mencegah penularan difteri yang menyebabkan penyumbatan jalan nafas, batuk rejan (batuk 100 hari), tetanus, hepatitis B.

CAMPAK

Umur pemberian 9 bulan. Pemberian imunisasi 1 kali. Manfaat; mencegah penularan campak yang dapat mengkibatkan komplikasi radang paru-paru, radang otak dan kebutaan.

Kesimpulan

LIMA IMUNISASI DASAR LENGKAP SANGAT PENTING !

Lindungi bayi dengan Lima Imunisasi Dasar Lengkap ( L-I-L )

Imunisasi adalah perlindungan yang paling ampuh untuk mencegah beberapa penyakit berbahaya. Imunisasi akan merangsang kekebalan tubuh bayi sehingga dapat melindungi dari beberapa penyakit yang berbahaya. Datanglah segera ke posyandu, Puskesmas atau petugas kesehatan terdekat untuk melengkapi imunisasi dasar, yaitu Hepatitis B, BCG, Polio, DPT-HB dan Campak. Walaupun sedang batuk, pilek atau mencret, bayi tetap boleh diimunisasi karena tubuh bayi mampu membuat kekebalan, sehingga imunisasi tetap bermanfaat bagi bayi. Bila keluhan bertambah, datanglah ke Puskesmas atau dokter terdekat untuk mendapat pengobatan. Bayi yang sedang minum antibiotik juga boleh diimunisasi dan tetap bermanfaat bagi bayi.

Kalau imunisasinya belum lengkap, segera minta dilengkapi, walaupun umurnya sudah lewat dan tidak sesuai jadwal. Misalnya; umur 2 bulan belum imunisasi BCG dan Polio, maka segera mita imunisasi BCG dan Polio. Atau umur 5 – 12 bulan belum lengkap imunisasi DPT-HB dan Polio, maka segera minta dilengkapi imunisasi DPT-HB dan Polio. Tetapi jarak antara imunisasi sedikitnya 4 minggu. Demikian pula misalnya umur 10-12 bulan belum imunisasi campak, segera minta imunisasi campak. Yang penting sebelum umur 1 tahun bayi harus sudah mendapat Lima Imunisasi Dasar Lengkap ; Hepatitis B 4x, BCG 1x, Polio 4x, DPT 3x, Campak 1x.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

download software

Entri Populer